Pemerintah Lakukan Usaha Penyelamatan Asset Tanah Baik Yang Berbentuk Tempat Kos

Home Forums BPKAD Pemerintah Lakukan Usaha Penyelamatan Asset Tanah Baik Yang Berbentuk Tempat Kos

  • This topic is empty.
Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #3479 Reply
    fitrah
    Guest

    Pemerintah Kabupaten Lebak melakukan upaya pengamanan aset tanah baik yang berupa lahan kosong maupun penguasaan fisik. Seperti gedung pemerintah dan sekolah.

    Hal tersebut sesuai dengan tertib administrasi pengelolaan barang milik daerah, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

    Dalam aturan tersebut disebutkan, salah satu langkah yang ditempuh adalah perlu dengan melakukan pengamanan aset berupa tanah. Baik secara ups administrasi, fisik dan hukum.

    Baru-baru ini Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten Andi Tenri Abeng, menyerahkan 258 sertifikat aset Pemkab Lebak kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Kamis (5/3), di rumah dinas Bupati Lebak.

    “Tahun ini kami menarget persertifikatan lahan untuk 42 puskesmas. Sebab srtifikat tersebut merupakan salah satu syarat perpanjangan izin operasional puskesmas” kata Iti.

    Berdasarkan data yang ada pada Kartu Inventaris Barang (KIB), Pemkab Lebak memiliki 1.538 bidang. Namun hingga Maret 2020, baru sekitar 699 bidang lahan yang sudah terbit atas nama pemkab.

    “Kami berharap BPN Lebak terus meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam menuntaskan sisa aset tanah milik Pemkab Lebak. Semoga 631 bidang bisa diselesaikan paling lambat akhir 2021 nanti,” harap iti.

    Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng menjelaskan, pengamanan aset merupakan hal yang sangat penting dan sangat krusial. Terlebih hal ini membutuhkan kehati-hatian dalam penanganannya.

    BPN menurut Andi, sangat terbuka bagi seluruh stakeholder yang ingin agar menyertifikatkan bidang yang dimiliki.

    “Kami sekarang sudah sangat terbuka bagi seluruh stakeholder yang ingin menyertifikatkan bidang lahan yang dimilikinya” ujar Andi

Viewing 1 post (of 1 total)
Reply To: Pemerintah Lakukan Usaha Penyelamatan Asset Tanah Baik Yang Berbentuk Tempat Kos
Your information: