Pengelolaan Aset dan Dana BOS di Kabupaten Mahakam Ulu

Home Forums BPKAD Pengelolaan Aset dan Dana BOS di Kabupaten Mahakam Ulu

  • This topic is empty.
Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #3818 Reply
    Memed Sobarna
    Guest

    Ada 2 duduk perkara penting, yang mengganjal Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu ( Pemkab Mahulu ) Provinsi Kalimantan Timur yang hingga tahun lalu belum mampu meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

    Yaitu persoalan pengelolaan aset tetap dan dana BOS (biaya operasinal sekolah). Namun 2 masalah itu bisa diatasi tahun ini.

    Demikian disampaikan Dedek Nandemar, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Kalimantan Timur, Selasa (23/6/2020).

    Dia mengungkapkan, 2 hal tersebut yg dzikir pagi menjadi catatan & rekomendasi bagi Pemkab Mahulu tahun kemudian.

    "Kita pahami karena sebagai kabupaten baru, masalah aset cukup rumit. Alhamdulullah, jajaran Pemkab telah melakukan perbaikan, penataan aset. Hingga akhirnya menjadi baik pada 2019 kemudian. Seperti model aset kendaraan yg dipakai perorangan, ketika itu kami ditarik. Oleh Pemkab lalu ditarik, administrasi diperbaiki," istilah Dedek pada TribunKaltim.Co.

    Selain aset, yg sempat menjadi duduk perkara adalah pengelolaan dana BOS. Permasalahannya ada di soal sumber daya manusia (SDM).

    "Masalahnya sama, sebagai daerah pemekaran, di Mahulu SDM nya sangat minim. Ada beberapa yang pengajar PNS-nya hanya satu, sebagai akibatnya kesulitan menciptakan laporan. Kita rekomensasikan Pemkab buat menyiapkan SDM buat membantu sekolah dalam mengelola dana BOS," katanya.

    "Oleh Pemkab lalu menyiapkan SDM, administrasi diperbaiki, sampai akhirnya pengelolaan keuangan BOS bagus," imbuhnya.

    Dedek berharap, opini WTP ini terus dipertahankan. Pada intinya merupakan menggunakan permanen mematuhi aturan dan perundang-undangan yg berlaku.

    Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu ( Pemkab Mahulu ) berhasil menorehkan sejarah. Untuk pertama kalinya, sejak diresmikan pada 2013 kemudian, Pemkab Mahulu meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

    Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 Pemkab Mahulu mampu menyajikan laporan yang baik. Sehingga dievaluasi layak menerima opini WTP.

    Torehan prestasi pada bidang pengelolaan keuangan itu pribadi diterima oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, yg diserahkan pribadi oleh ketua BPK RI Kaltim, Dedek Nandemar, Selasa (23/06/2020) lebih kurang pukul 15.30 Wita.

    Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh membicarakan terima kasih dan rasa syukur Tuhan Yang Maha Esa, atas raihan opini WTP buat pertama kalinya ini.

    "Terima kasih aku kepada jajaran Pemkab, Sekda, inspektorat dan stakeholder lainnya yang telah membantu saya pada menjalankan roda pemerintahan di Mahulu," istilah Bonifasius.

    Dikatakan, raihan opini WTP merupakan output kerja keras, dan usaha bersama semua pihak. Utamanya pada jajaran pemerintah wilayah.

    "Termasuk tentu dukungan menurut DPRD & juga warga Mahakam Ulu, sehingga menurut WDP (wajar dengan pengecualian) tahun ini oleh BPK diberikan opini WTP," ujarnya.

    Lebih jauh Bonifasius mengatakan, tidak ada taktik khusus, sebagai akibatnya Mahulu mampu meraih opini WTP. Tetapi dengan rekomendasi yang diberikan oleh BPK, Pemkab Mahulu berupaya memperbaiki kekurangan-kekurangan tahun kemudian.

    "Kita sudah tahu di mana kekurangannya, itu yg kita perbaiki, sampai akhirnya bisa sampai memperoleh WTP," ujarnya.

    Raihan WTP, lanjut dia, bisa sebagai indikator kinerja pemerintah daerah, utamanya pada pengelolaan keuangan yg baik.

    "Meraih opini WTP bukan hal mudah, akan tetapi lebih berat lagi bagaimana kita harus dipertahankan WTP. Untuk itu saya tekan buat ke depan kita terus memperbaiki kinerja kita. Taati aturan dalam pengelolaan keuangan, jangan sampai melakukan penyimpangan apalagi korupsi," tegas bupati.

Viewing 1 post (of 1 total)
Reply To: Pengelolaan Aset dan Dana BOS di Kabupaten Mahakam Ulu
Your information: